Cari Blog Ini

Senin, 02 April 2012

Ideologi Indonesia Hanya Pancasila


Ideologi Indonesia Hanya Pancasila

Diera globalisasi ini banyak orang mempertanyakan arah dan tujuan Indonesia sebagai suatu Negara. Pancasila sendiri adalah dasar filsafat Negara Republik Indonesia yang secara resmi disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 dan tercantum dalam pembukaan UUD 1945[1]. Banyak hal yang meragukan pancasila sebagai ideologi Indonesia karena segala bentuk aspirasi rakyat kecil yang belum terpenuhi, namun para elit politiklah yang dapat menikmati hak-haknya.
Pancasila merupakan  bentuk nilai-nilai yang sudah ada sejak dulu sebelum bangsa Indonesia membentuk negara. Hal tersebut tertera dalam pidato Soekarno menyatakan, bahwa Pancasila bukan kreasi dirinya, melainkan sebuah konsep yang berakar pada budaya masyarakat Indonesia yang terkubur selama 350 tahun masa penjajahan[2].
Pancasila yang mempunyai sifat berada dijalan tengan sebagai ideologi, sangatlah sesuai dengan keadaan sumberdaya manusia Indonesia. Pancasila sebagai idelogi yang menekankan kekeluargaan dan membari kebebasan dengan bentuk batasan-batasan. Batasan-batasan itu berfungsi sebagai filter terjadinya pengeksploitasian dalam berbagai aspek kehidupan baik social ekonomi dan politik, sehingga masyarakat dapat berkembang dalam pola berkehidupan. Kesesuaian ideologi pancasila dapat kita lihat, bahwa masyrakat Indonesia secara menyeluruh belum mampu dalam bersaing secara liberal dengan masyarakat lain diberbagai aspek.
Pancasila dalam stabilitas politik perlu adanya pembenahan pada aktor-aktor politik. Karena terjadi doktrin-doktrin yang komperhensif dan penggunaan kekuasaan yang bersifat memaksa. Hal tersebut perlu peranan pancasila sebagai konsepsi politis, yaitu rumpun dari nilai (moral) yang memperkuat Pancasila pada status sebagai dasar negara, dan merupakan cara pandang yang mempertimbangkan ciri khusus hubungan politik dalam konsep ideologi pancasila. Peranan pancasila sebagai konsepsi akan membawa Negara terhindar dari otoritarianisme Negara[3].


[1]. Prof. DR. kaelan, M.S. “Pendidikan pancasila”  | Hal. 10 : Paradigma. Yogyakarta, 2004

[2] Ideologi Pancasila: Doktrin yang Komprehensif atau Konsepsi Politis. Oleh: maulanusantara | Juni 12, 2008 dalam: http://maulanusantara.wordpress.com/

[3] Ideologi Pancasila: Doktrin yang Komprehensif atau Konsepsi Politis. Oleh: maulanusantara | Juni 12, 2008 dalam: http://maulanusantara.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar